Tips Cara Menulis Artikel Yang Baik



Tips cara menulis artikel yang baik - Tips ini bukan sebuah keharusan atau harga mati ketika kita ingin menulis konten untuk blog, tapi bisa dijadikan referensi karena saya juga sebenarnya masih belajar cara menulis artikel dengan baik. Pada awalnya membuat sebuah artikel itu agak sulit buat saya, tapi setelah saya coba lama kelamaan akhirnya bisa juga icon smile Tips Cara Menulis Artikel Yang Baik

Inti dari kegiatan blogging adalah membuat konten atau artikel singkat yang menarik dan bisa dibaca oleh orang lain, sederhana bukan? Tapi kadang ini bisa jadi tidak sederhana – lho gimana sih? – ya memang begitu. Sebagian orang menghabiskan waktunya untuk memikirkan konsep yang membuat dirinya sendiri menjadi pusing seolah-olah menulis artikel blog itu seperti merakit sebuah roket canggih – ya mungkin aja sih kalo blog nya memang topiknya tentang cara merakit roket hehehe.

Kalau untuk blog pribadi seharusnya tidak sulit untuk menulis sebuah artikel karena memang tidak ada aturan khusus dalam membuat blog pribadi. Berbeda dengan blog review produk misalnya blog yang membahas tentang gadget atau blog yang isinya tentang kuliner, dan lain-lain. Gaya bahasa yang digunakan pada blog pribadi dan blog tentang teknologi tentunya pasti berbeda. Blog pribadi biasanya lebih bebas dan menggunakan bahasa sehari-hari yang tidak baku juga tidak masalah, tentu saja gaya bahasa seperti ini tidak pas kalau dilakukan pada blog yang isinya tentang teknologi karena bisa memberikan kesan artikelnya tidak serius.

Sebelum kita membahas tips cara menulis artikel yang baik, ada baiknya kita sedikit membahas tentang gaya penulisan sebuah artikel. Ada dua gaya bahasa yang sering digunakan ketika menulis, yaitu gaya jurnalistik dan gaya ringkasan. Gaya jurnalistik langsung memberikan informasi utama pada bagian awal artikel dan informasi pendukung akan menyusul di bagian tengah atau akhir artikelnya. Sedangkan gaya ringkasan mirip dengan gaya berita ringkas yang ditujukan pada pembaca yang mengharapkan informasi terperinci, dan pembaca dapat memutuskan apakah dia akan membaca rincian yang diberikan atau cukup hanya membaca ringkasan artikelnya saja.

* Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh semua orang

Entah berapa kali saya menemukan artikel blog yang isinya membuat saya pusing dan menga-nga karena artikelnya berbelit-belit dan terlalu panjang, pasti saya tidak mau balik lagi ke blog itu, soalnya saya jadi susah tidur setelah baca artikelnya yang ribet icon razz Tips Cara Menulis Artikel Yang Baik

Usahakan agar setiap artikel yang kita tulis dalam blog dapat dibaca dan mudah dimengerti oleh orang lain dan tentunya dengan gaya bahasa yang sederhana. Karena itu diperlukan latihan yang berulang-ulang dalam membuat artikel yang baik dan akhirnya itu akan mengasah kemampuan menulis kita menjadi lebih baik.
* Banyak membaca buku atau referensi lain

Seorang penulis tidak mungkin bisa menghasilkan tulisan yang bagus kalau dia jarang atau tidak pernah membaca tulisan orang lain, itu pasti. Sebagai contoh, misalnya seorang pemilik blog yang menulis tentang internet marketing di dalam blognya, tentu saja dia akan membutuhkan referensi yang baik untuk membuat artikel bermutu.

Selain mendapat informasi, inspirasi, dan pengetahuan baru, membaca buku juga dapat membantu otak kita untuk berpikir secara logis dan sistematis. Jika kita sering membaca buku atau tulisan-tulisan yang bermutu maka lambat laun kita juga akan dapat menulis artikel atau buku yang enak dibaca.


Berikut ini adalah tips cara menulis artikel yang baik:

1. Perhatikan Panjang Artikel. Jika artikel dirasa terlalu panjang, sebaiknya bagi artikel tersebut kedalam halaman-halaman tertentu. Pembagian halaman ini akan menjaga bentuk artikel tetap proporsional. Plugin paging post di WordPress biasanya akan secara otomatis menyediakan versi full dari tulisan selain versi per halaman itu sendiri. Jika memungkinkan, sediakan juga tampilan cetak yang apik yang bisa menampilkan keseluruhan isi artikel dalam bentuk siap cetak. Plugin wp-print di WordPress bisa menyediakan fungsi ini dengan baik.

2. Perhatikan Alinea. Artikel yang terlalu panjang tanpa jeda akan memusingkan pembaca, juga mengurangi konsentrasi dari isi aliena tersebut. Sebaiknya batasi jumlah maksimum baris per alinea namun jaga agar pemisahan alinea ini tidak terkesan dipaksakan. Isi topik yang sama dalam satu alinea bisa saja dipecah 2, misalnya dengan kata sambung seperti berikut : “selain pertimbangan diatas, hal lain yang patut dipertimbangkan adalah…”

3. Perhatikan Tanda Baca & Perbaiki Kesalahan Ketik. Membaca tulisan yang memiliki banyak kesalahan ketik akan sangat mengganggu dan melelahkan. Sebaiknya lakukan proof-read sebelum artikel dipublikasikan. Bukan hal yang aneh juga jika kita melakukan revisi/perbaikan kecil jika ada kesalahan ketik atau kesalahan sintaks setelah artikel dipublikasikan. Tanda baca dan kesalahan ketik ini kadang merupakan hal yang sepele namun penting, misalnya ada spasi setelah tanda koma atau titik; spasi dan Huruf besar setelah tanda titik, pemisahan tanda hubung di dan ke jika merujuk pada tempat dan lain-lain.

4. Sisipkan Gambar Ilustrasi. Gambar kadang memberikan nuansa lain pada tulisan. Tulisan bisa tampil lebih indah, terlihat wajar dan bahkan memikat pandangan mata karena antara tulisan dan gambar memberikan nuansa yang selaras. Meski demikian, tetap perlu diingat bahwa ukuran gambar, penempatan (sisi kiri, kanan atau antar paragraf mesti tetap diatur agar bisa tampil elegan. Untuk blog saya misalnya, maksimum lebar gambar adalah 480 pixels. Jika saya hanya memiliki gambar kecil berukuran 150 pixels, saya akan menempatkannya disisi kiri atau kanan tulisan.

Jangan lupa juga perhatikan ukuran gambar, normalnya ukuran gambar maksimal 100 kB. Lebih dari itu akan mengganggu proses loading artikel (kecuali websitenya didedikasikan untuk menampilkan gambar berkualitas). Jumlah gambar juga perlu diatur agar tidak mengganggu penampilan secara keseluruhan

5. Buat Link/Tautan Secukupnya. membuat hyperlink untuk rujukan suatu tulisan atau alamat URL tertentu memang memudahkan pembaca online, namun perlu diperhatikan juga untuk tidak berlebihan. Link lebih dari 3 dalam satu paragraf sebaiknya dihindari. Tidak ada keharusan membuat link untuk setiap kata menarik pada artikel yang kita buat. Link tetap kita butuhkan, misalnya jika kita membuat kutipan suatu artikel atau merujuk pada suatu sumber informasi tertentu

6. Belajar membuat artikel dengan gaya posting tertentu, misalnya order/number posting, dimana artikel disusun dalam formasi bullet numbering, misalnya model artikel yang saya tulis atau tulisan lainnya, sebagai contoh, tulisan dengan judul-judul seperti : “20 themes WordPress professional untuk website perusahaan”, “10 tips mengatasi masalah Server” dll.

7. Berikan Penjelasan yang Komprehensif dan Elegan. Jelaskan isi artikel dalam bahasa anda sendiri, seolah-olah sedang memberikan penjelasan pada seorang teman. Jangan terburu-buru dalam menulis artikel, nanti kesan yang muncul adalah artikel yang dangkal dan tidak ditulis dengan baik

Itulah tips cara menulis artikel yang baik di atas mungkin terlihat sepele, tapi tips ini dapat membuat kita terbiasa dalam membuat artikel yang baik untuk blog kita.

1 komentar:

Terimakasih artikelnya membantu :)
http://bit.ly/1EH4txW

Reply

Posting Komentar